8 Ide Epik untuk Refleksi Pembelajaran Akhir Tahun!

refleksi pembelajaran akhir tahun
refleksi pembelajaran akhir tahun

Hai, para guru yang luar biasa! Saat tahun ajaran hampir usai, saatnya untuk merayakan pencapaian dan merefleksikan petualangan setahun ke belakang.

8 Ide Epik untuk Refleksi Pembelajaran Akhir Tahun

#1 Top 10 List

Kita ajak anak-anak untuk membuat daftar Top 10 tentang apa yang mereka pelajari selama satu tahun sekolah. Ajak mereka ingat momen-momen belajar yang paling seru waktu bersama kita, lalu adakan pesta kecil supaya anak-anak bisa saling bercerita daftar mereka di pesta kecil tersebut.

Guru SMA, Esther, mengajak murid untuk menggambar grafik perjalanan mereka selama setahun. Di sumbu x adalah bulan-bulan dalam setahun dan di sumbu y adalah emosi-emosi yang mereka rasakan. Dari sini, mereka dapat merefeleksikan titik puncak dan terendah dalam tahun itu dan juga apa yang menyebabkan hal tersebut.

#2 Grafik - Highs and lows

Refleksi bisa dilakukan secara individu, dalam kelompok kecil, maupun sebagai kelompok besar.

Sherwanda Chism dari kelas K-6, punya cara bagus untuk membuat seluruh kelas merenung bersama-sama. Dia membuat "Dinding Grafiti" dengan menutupi dinding di kelasnya dengan kertas buletin. Kemudian murid menulis dan menggambar tentang pengalaman belajar terseru yang mereka alami di kelasnya. Sherwanda menjelaskan kegiatan ini membantu murid untuk merenung, sekaligus memberikan umpan balik tentang praktik mengajarnya.

#3 Dinding Grafiti

Ajak siswa menggambar daftar yang perlu ditambah dan dikurangi untuk pembelajaran tahun depan Sebagai contoh, murid bisa menggambarkan kerja kelompok di bagian yang more (tambah)untuk tahun depan. Hal ini bisa menjadi refleksi apa yang sudah baik dan disukai murid sehingga bisa dilanjutkan tahun depan.

#4 Menggambar Daftar More atau Less

contoh daftar tambah kurang less or more
contoh daftar tambah kurang less or more

Seperti menulis jurnal, menuliskan hal-hal yang kamu syukuri terbukti membuat kita lebih bahagia dan sehat. Hal yang sama bisa dipraktikan di kelas. Ajak murid untuk menulis surat terima kasih kepada orang yang sangat membantu mereka tahun ini. Surat ini bisa saja ditujukan ke guru, orang tua, teman, atau bahkan diri sendiri. Melalui surat ini, mereka juga bisa merefleksikan hal-hal yang sudah mereka lalui tahun ini.

#5 Menulis Surat Terima Kasih

Ajak murid untuk membuat saran bagi murid tahun depan. Minta siswa saat ini untuk merenungkan tahun ini dan berbagi tips sukses. Guru matematika SMA, Lauren Collins, mengatakan kegiatan ini biasanya menghasilkan campuran saran yang lucu dan serius, yang kemudian ia cetak dan berikan kepada kelas tahun depan pada hari pertama sekolah.

#6 Surat untuk murid tahun depan

#7 Acara Penghargaan - OSCAR

Ini adalah ide lain dari Dave Burgess. Siapkan karpet merah. Biarkan siswa merencanakan acara penutupan. Bayangkan sebuah acara seperti Oscar di mana mereka bisa memberikan penghargaan untuk buku terbaik tahun ini, presentasi siswa terbaik, serta momen-momen epik di kelas, dan di mana teman sekelas mereka bisa merespons dengan pidato penerimaan ala Oscar. Mereka bahkan bisa berdandan. Seru sekali!

Dalam proses belajar seringkali berarti harus merubah pemikiran. Dalam mempelajari sebuah topik, mungkin terdapat perubahan dari apa yang diketahui atau dipercaya sebelumnya. Ajak murid untuk memikirkan apakah ada pemikiran mereka yang berubah? Hal apa yang membuat perubahan tersebut muncul?

#8 Change your Mind

Coba salah satu ide-ide ini, guru-guru hebat! Refleksi akhir tahun ini tidak cuma bikin murid lebih menghargai momen-momennya, tapi juga membantu mereka belajar dari pengalaman. Percaya deh, bakal ada perbedaan besar!

Dengan refleksi, Guru bisa mengubah cara murid melihat pembelajaran. Itu cara yang seru dan efektif untuk mengevaluasi dan meningkatkan pembelajaran ke depanya. Jadi, yuk, coba! Kamu bakal kaget hasilnya!

Akhir Tahun? Saatnya Refleksi