3 Inspirasi Projek Profil yang Mudah, Bermakna dan Minim Dana

Apakah projek profil harus selalu mahal dan menyulitkan? Adakah contoh projek yang tidak memerlukan biaya besar dan cukup mudah untuk dilakukan? Yuk kita lihat 3 inspirasi contoh projek ini. Tidak perlu biaya, tidak sulit dan tetap bermakna bagi pembelajaran murid.

#1 Membuat website gratis untuk membantu bisnis dan servis lokal

Apa yang bisa kita lakukan untuk membantu bisnis atau servis lokal mampu bersaing di era ekonomi digital?

Jika, pertanyaan ini dilempar ke murid, mungkin akan ada banyak ide yang muncul dari mereka. Salah satu projek yang mudah dilakukan adalah membuat website gratis seperti wordpress untuk mempromosikan bisnis lokal ke persaingan digital. Bukannya tidak mungkin melalui usaha ini, bisnis atau servis yang dulunya hanya terkenal di lokal dapat viral dan unggul di level yang lebih luas?

Projek ini juga bukan hanya tanpa biaya (website wordpress gratis), namun siswa bisa belajar tentang web design, SEO, online marketing, dan berurusan dengan klien. Kemampuan-kemampuan tersebut sangat penting dalam dunia kerja jaman sekarang. Bahkan, kalau dikerjakan dengan baik, bisa jadi uang tambahan bagi murid-murid kita.

Tema yang cocok dengan projek ini: kearifan lokal, berekayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI.

#2 Membuat podcast untuk mengangkat isu lokal yang penting

Apa yang bisa kita lakukan untuk mengangkat isu lokal yang penting?

Ada banyak isu lokal atau kedaerahan yang mungkin belum terekspos. Dimulai dari isu lingkungan, naiknya harga pangan, atau masalah kaum dhuafa dan miskin yang terlantar. Apa media yang tepat untuk mengangkat isu ini? yang dapat mengangkat isu ini agar lebih mendapat banyak perhatiaan? Membuat podcast (mirip seperti radio) menjadi pilihan bagi banyak siswa. Membuatnya mudah, tidak memerlukan banyak peralatan, hanya memerlukan perekam suara dan internet, sudah cukup. Lalu, podcast dapat diluncurkan di banyak platform digital secara gratis, seperti spotify, noice, google podcast, dan banyak lagi.

Bukan tidak mungkin, masalah lokal yang sebelumnya tidak terekspos, akhirnya menjadi perhatian publik dan pemerintah?

Tema yang cocok dengan projek ini: Gaya hidup berkelanjutan, Bhineka tunggal ika, Suara demokrasi.

#3 Menjadi Relawan untuk Permasalahan atau Gerakan yang diminati

Apa yang bisa kita lakukan untuk membantu menyelesaikan masalah di sekitar kita?

Jika berbicara permasalahan disekitar kita, pasti ada banyak. Murid-murid kita juga memiliki ketertarikan yang berbeda-beda. Ada yang tertarik pada isu lingkungan, kemanusiaan, pendidikan atau hak-hak hewan sebagai contohnya. Menimbang banyaknya minat tersebut, bagaimana dengan membiarkan murid menjadi relawan bagi projek sosial yang dia dukung?

Dengan menjadi relawan di projek itu, murid dapat terlibat langsung menyelesaikan permasalahan sambil bekerja sama dengan banyak orang, lintas umur dan profesi. Mereka akan diberikan tanggung jawab dan belajar untuk profesional dalam menjalankan tugasnya. Kemampuan yang juga sangat penting untuk kehidupan mereka ke depannya.

Tema yang cocok dengan projek ini: Gaya hidup berkelanjutan, Bhineka tunggal ika, Suara demokrasi.

Projek Profil = Mudah, Murah, dan Tetap Bermakna

Bapak Ibu Guru, seperti contoh-contoh projek diatas. Ada banyak contoh projek profil lainya yang dapat dilakukan dengan sangat minimal dana. Minimalnya dana ini bukan berarti projeknya buruk, loh. Dengan berfokus pada kualitas, maka projek ini tetap bisa menjadi pembelajaran bermakna yang dapat bermanfaat bagi masa depan murid-murid kita. Yuk, kita coba lakukan di sekolah kita.